Senin (20/5) bertepatan dengan 15 Ramadan 1441 Hijriah, Universitas Negeri Malang (UM) langsungkan penguatan jalinan kerja sama dengan media massa di Kota Malang. Sebanyak 25 tamu undangan yang hadir dalam acara keakraban berasal dari internal dan eksternal UM. Acara yang berlangsung di Aula Graha Rektorat UM lantai 1 ini adalah wujud keterbukaan UM sebagai perguruan tinggi yang terus berupaya meningkatkan kualitasnya sebagai salah satu perguruan tinggi bergengsi di Kota Malang. Seperti pernyataan yang dilontarkan Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd., dengan adanya keterbukaan ini diharapkan semakin gencar publikasi kegiatan-kegiatan yang ada di UM. Kegiatan-kegiatan yang dimaksud seperti kompetisi atau penghargaan yang melibatkan minat mahasiswa di bidang ilmiah, seni, dan olahraga. Di dalamnya juga diisi dengan tanya jawab antara pers eksternal UM dengan internal UM.

Acara yang diselenggarakan oleh Humas UM ini juga merupakan salah satu wujud muktamar UM mengenai program Satu Mahasiswa Satu Karya yang mulai digalakkan UM. Sesuai dengan namanya, program ini adalah salah satu upaya UM memompa kreativitas mahasiswanya agar nantinya memiliki positive output bagi masing-masing individunya. Positive output yang dimaksudkan akan diapresiasi melalui kebijakan Surat Keputusan Pendamping Ijazah (SKPI) yang mulai diberlakukan tahun ajaran 2019/2020 ini. “Setiap lulusan di UM nantinya akan punya satu sertifikasi pendamping ijazah yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikat, agar ketika terjun di masyarakat, sertifikat tersebut bisa menjadi nilai tambah lulusan yang menjawab kebutuhan yang ada di masyarakat,” terang Rofi’uddin.

Terkait program Satu Mahasiswa Satu Karya, Rofi’uddin juga menambahkan bahwa dengan adanya program ini diharapkan ke depannya dapat menjadi identitas atau ciri khas tiap-tiap jurusan dan program studi yang ada di UM. “Sebanyak 119 prodi, diharapkan masing-masing di antaranya menjadi spesialis dalam bidangnya masing-masing dan hal ini yang perlu ditonjolkan dari UM,” imbuhnya. Acara yang berlangsung selama 45 menit ini dilanjutkan dengan sesi foto dan buka bersama. Bunga