Berkenaan dengan berakhirnya masa jabatan pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UM tahun 2018, acara serah terima jabatan (sertijab) pun dilaksanakan. Bertempat di Gedung Sasana Budaya, Senin (4/2). Acara ini dihadiri oleh delegasi dari 35 UKM dan beberapa tamu undangan. Dengan suasana yang santai, penuh suka cita, dan adanya sedikit keharuan, acara tersebut berlangsung lancar dan sukses.
Sertijab ini dilaksanakan oleh seluruh UKM UM yang dikoordinasi oleh Forum Komunikasi UKM. Forum Komunikasi UKM merupakan sebuah komunitas yang berisi kumpulan delegasi dari 35 UKM UM dan berada langsung dibawah naungan wakil rektor III dan Subbag MPIKA UM. Acara tersebut dibuka dengan sambutan dan juga dimeriahkan oleh penampilan dari UKM Opus 275 serta UKM Sanggar Tari Karawitan Asri Kusuma (STK-AK). Dalam sambutannya, Wakil Rektor III, Dr. Mu’ariffin, M.Pd., menyampaikan bahwa acara sertijab pada malam itu bukanlah akhir dari segalanya bagi pengurus lama UKM, justru itu akan menjadi lanjutan bagi mereka untuk membimbing pengurus UKM yang baru. Bagi pengurus baru UKM, acara tersebut merupakan awal perjalanan mereka untuk meneruskan perjuangan senior terdahulu agar dapat menjadi lebih baik. “Sertijab ini bukan titik, tetapi koma,” tutur Mu’arifin.
Regenerasi memang harus dilaksanakan dari tahun ke tahun. Regenerasi pengurus UKM dalam sertijab malam itu dilakukan secara simbolik dengan penyerahan bendera masing-masing UKM dari ketua umum lama kepada ketua umum baru. Dengan demikian, tanggung jawab dan masa depan UKM yang sebelumnya diemban oleh pengurus periode tahun 2018, kini berpindah tangan kepada pengurus UKM tahun 2019. Perjalanan satu tahun ke depan harus dihadapi oleh pengurus baru, apapun tantangan dan rintangannya. Kerja keras, kesiapan mental, kedisiplinan, serta ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa akan sangat mempengaruhi kerja UKM setahun ke depan. Disampaikan oleh Muam bahwa setiap UKM UM dituntut untuk bisa berprestasi, bermartabat, memiliki akhlak yang mulia, dan mau diatur oleh lembaga. Namun demikian, apapun amanah yang diberikan kepada masing-masing pengurus, ia mengingatkan agar tugas utama sebagai mahasiswa harus tetap dilaksanakan. “Harapannya agar setiap UKM terus berprestasi, tapi jangan lupa untuk belajar,” ujar Muam. Ketua Forum Komunikasi UKM 2019, Ahmad Sholehuddin Suryanullah berharap kepada seluruh UKM yang ada di UM agar dapat meningkatkan kebersamaan dan solidaritas antara satu UKM dengan UKM yang lain, tidak hanya fokus pada UKM-nya masing-masing. “Sehingga, dengan begitu dapat bersama-sama membangun dan memajukan UKM UM,” pungkasnya.Nilam