Terpaan angin yang berhembus, hamparan pasir yang selalu dikunjungi deburan ombak, langit membiru ikut serta menghias dengan penuh imaji siratan keindahan semesta. Takkan ada habisnya jika membicarakan keagungan Tuhan yang tercipta dalam bingkai sebuah pantai. Sesekali, bermanjalah dalam pesona pantai-pantai Malang Selatan dan lihatlah betapa Malang Selatan memiliki banyak cara untuk mengikis habis rasa ketakjuban setiap penikmantnya. Berderet-deret pantai di Malang Selatan tak kalah indah dengan yang ada di Lombok atau pun di pulau cantik Indonesia lainnya. Salah satu pantai yang masih alami dan belum banyak terjamah adalah Pantai Teluk Asmara yang terletak di Sumbermanjing Wetan.

Tak kalah mempesona dari pantai-pantai selatan lainnya, Pantai Teluk Asmara layak dijadikan tujuan liburan. Pemandangan yang menenangkan sekaligus menyenangkan, kekokohan karang yang membentang tak kan luput dari pandangan. Terletak sekitar 75 kilometer dari pusat Kota Malang, akses menuju Pantai Teluk Asmara masih sulit. Hal itu dikarenakan pantai ini masih baru saja dibuka untuk wisatawan.  Sebenarnya, pintu masuk Pantai Teluk Asmara ada dua, yaitu melalui Pantai Clungup dan Pantai Goa Cina. Akses masuk lewat Goa Cina sangatlah jauh dan menghabiskan waktu, tetapi dapat menikmati beberapa pantai yang cukup eksotis. Jika melewati pintu Pantai Clungup akan melewati hutan bakau yang sangat rimbun dan jalan setapak yang sangat menantang karena sebenarnya pantai ini terletak di sebelah barat Pantai Clungup.  

Pantai Teluk Asmara adalah salah satu wujud nyata keindahan Malang Selatan yang sering dikatakan sebagai “Raja Ampat”nya Pulau Jawa. Sebelum ada kesiapan yang benar-benar untuk ke Raja Ampat di Papua nun jauh, realisasikan dulu obsesi itu di Pantai Teluk Asmara, niscaya akan terpenuhi segala bentuk ketakjuban oleh pesona yang dihadirkan. Setiap bagiannya selalu memanjakan para petualang yang datang. Tak berlebihan jika pantai ini dikatakan seperti Raja Ampat. Keistimewaan pantai ini ada pada banyaknya pulau-pulau kecil yang berbentuk teluk serta air yang biru khas laut selatan. Persis seperti Raja Ampat.

Terdapat area camping yang cukup luas berada di dekat bibir pantai, area ini bisa dimanfaatkan untuk bermalam dan menikmati indahnya sunset serta sunrise jika cuaca cerah.  Hal yang menarik ketika dapat berkemah di sekitar bibir pantai, merasakan ketenangan serta hangatnya api unggun lantas menyaksikan langit dipenuhi bintang-bintang. Kegiatan yang asyikbersama teman-teman untuk sekadar refreshing dari keramaian kota.

Berbeda dengan  pantai lain di laut selatan yang terkenal memiliki ombak besar, Pantai Teluk Asmara memiliki ombak yang cukup tenang. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi geografis yang lebih menjorok ke dataran sehingga ombak laut selatan sudah tereduksi oleh bebatuan karang, sebab itulah di Pantai Teluk Asmara diperbolehkan berenang sepuasnya. Tak sampai di situ saja, pantai ini memiliki terumbu karang yang dimanfaatkan oleh ikan-ikan kecil yang berkejaran sebagai ekosistem laut, sehingga cocok digunakan sebagai lokasi snorkeling, indah bukan? Jangan lupa abadikan kenangan indahmu dengan kamera karena banyak spot foto yang tak boleh dilewatkan.

Untuk fasilitas jangan diragukan lagi, meskipun tergolong wisata yang baru, tetapi Pantai Teluk Asmara memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti tempat makan, warung, musala, dan toilet. Salah satu fasilitas yang menjadi andalan adalah adanya gazebo untuk berteduh dengan pemandangan pantai dari atas bukit, jika tidak kebagian gazebo dapat berteduh di beberapa goa kecil yang ada di kawasan pantai. Meskipun terdapat warung, tetapi sangat direkomendasikan untuk membawa bekal makanan dan tikar untuk berpiknik di bibir pantai.

Perhatikan tips berikut ini jika pergi ke pantai. Bawalah tas anti pasir karena bermain dengan pasir dan air di pantai adalah hal seru yang tidak boleh dilewatkan. Sayangnya, akan banyak butiran pasir yang menempel pada barang-barang, nah itulah gunanya tas anti pasir. Bawalah obat serangga, jangan sepelekan obat anti serangga karena meskipun tujuannya pantai bukan berarti tidak ada serangga, apa lagi untuk yang berkemah ini sangat penting. Bawalah kacamata hitam dan pakailah sunblock karena pantai itu menyenangkan tapi panas. Kacamata hitam dan sunblock akan mengurangi efek sinar matahari. Mempelajari cara menyelamatkan diri adalah yang paling penting. Jaga diri agar tetap tenang dan berenang ke arah sejajar dengan pantai, jangan melawan arus.

Pantai Teluk Asmara adalah tempat ideal bagi siapa pun untuk mengasah rasa kagum pada alam. Jelajahilah setiap sudutnya setelah sebelumnya benar-benar melepaskan segala bentuk hiruk-pikuk di pikiran. Masuklah pada suasana menenangkan dan iklaslah dimanja oleh keindahan. Untuk sementara waktu, boleh saja berlagak sebagai tuan rumah pantai ini. Jika berkunjung jangan lupa membawa pulang kembali sampah-sampah, cintai lingkungan dan jaga dengan baik agar lingkungan tetap menjadi sabahat! Amey.