Seiring dengan bertambahnya waktu dan semangat belajar mahasiswa membuat aktivitas pembelajaran semakin meningkat. Hal ini pula yang terjadi di Universitas Negeri Malang (UM). Kampus Pendidikan ini berupaya untuk mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan dan mampu memberikan manfaat untuk mahasiswa, baik sebelum lulus maupun ketika masuk dunia kerja.
Pada tahun 2018 UM melalui Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) meluncurkan kurikulum baru berbasis kapabilitas. “Kapabilitas ini kita harus punya kemampuan apa, selain mahasiswa punya profil lulusan Program Studi (Prodi) juga harus punya profil lulusan universitas. Salah satunya setiap mahasiswa UM harus mampu mengembangkan inovasi sesuai dengan bidangnya masing-masing,” tutur Dr. H. Sulton, M.Pd selaku Ketua LP3 ketika ditemui bersama Dr. Lia Yuliati, M.Pd. di LP3 Lantai 5 Graha Rektorat (06/02).
Kurikulum baru tersebut memunculkan matakuliah baru yang diberi nama Manajemen Inovasi. Matakuliah tersebut diharapkan mampu mendorong pola pikir dan cara pandang mahasiswa agar lebih inovatif sehingga mampu menghadapi berbagai macam problematika perubahan sosial serta teknologi di era revolusi industry 4.0. Matakuliah ini diterapkan pada kurikulum tahun 2018 dan bersifat wajib bagi setiap mahasiswa. Pengambilan matakuliah Manajemen Inovasi ini akan dibebankan untuk mahasiswa baru mulai tahun 2018 hingga seterusnya. Terdapat 16 pertemuan dengan 3 Satuan Kredit Semester (SKS) pada setiap pertemuannya. Kegiatan pembelajaran akan lebih berfokus pada praktik. Dalam matakuliah ini, salah satu yang akan diajarkan yaitu dasar pemikiran mengenai cara mengembangkan inovasi pada mahasiswa sesuai dengan bidang yang mereka pelajari saat ini.
Meski pada dasarnya matakuliah ini diwajibkan di setiap fakultas, Ketua LP3 UM menginformasikan bahwa untuk saat ini baru dua fakultas yang mewajibkan mahasiswa baru tahun 2018 menempuh matakuliah Manajemen Inovasi. Kedua fakultas itu ialah Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan Fakultas Ilmu Sosial (FIS). Hal ini tergantung pada kesiapan masing-masing fakultas untuk menerbitkan matakuliah ini.
Dari segi dosen pengajar, LP3 secara khusus mengadakan workshop sebelum diterapkannya matakuliah ini. Rencana Pembelajaran Semester (RPS) juga turut dipersiapkan demi menyukseskan pembelajaran. Dosen-dosen yang hendak mengajar mata kuliah ini akan mengikuti pelatihan terlebih dahulu, sehingga mampu menguasai materi yang akan disampaikan saat proses perkuliahan berlangsung. Rosa