Setelah melalui proses panjang dan seleksi yang ketat, lima atlet badminton Universitas Negeri Malang (UM) membawa kabar menggembirakan dengan meraih Juara III kategori tim beregu putri pada Liga Mahasiswa Badminton Nasional. Kelima mahasiswa UM yang tergabung dalam tim beregu putri tersebut adalah Palupi Nur Afifah, mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Munada Choirunnisa, mahasiswa Jurusan Sastra Inggris, Ingeldy Vyola, mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fitria Ayu Nawangwulan, mahasiswa Jurusan Manajemen, dan Yefi Anggraini, mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Dalam ajang bergengsi yang diselenggarakan di Graha Institut Pertanian Pertanian (1-9/04) tersebut, tim beregu putri UM berhadapan dengan beberapa tim dari perguruan tinggi di Indonesia. Pada fase grup lawan, Tim UM bertemu dengan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasuruan, Universitas Pelita Harapan (UPH), dan Universitas Sebelas Maret (UNS), serta melawan Universitas Trisakti Jakarta di babak semifinal. Pada babak final, Tim Beregu Putri UM meraih kemenangan atas Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA).
Prestasi yang membanggakan tersebut tentu diraih tidak dengan sekejap mata. Manajer Tim Liga Mahasiswa Badminton UM, Dhiki Setia Kurniawan mengungkap, liku-liku dalam kompetisi terkait dana, panitia, hingga ketatnya peraturan amat menantangnya untuk dapat memanajemen segala keperluan dan data sebaik mungkin. Memang, sebelum dapat melaju ke tingkat nasional, tim Badminton UM harus melewati seleksi di tingkat regional, yakni pada ajang East Java Conference. Dalam ajang East Java Conference inilah ditentukan dua juara teratas yang mewakili regional Jawa Timur ke tingkat nasional. Lebih lanjut, Dhiki mengatakan bahwa untuk mengikuti ajang ini segala persiapan telah dilakukan sejak Februari lalu. Meskipun begitu, ajang nasional ini benar-benar seru, menegangkan, dan membuat deg-degan karena begitu ketatnya kompetisi.
“Semoga dengan prestasi ini bisa membawa nama UM lebih baik lagi,” harap Dhiki. Prestasi ini bukan merupakan kali pertama. Pada tahun sebelumnya, tim beregu putri UM juga meraih juara tiga di ajang yang sama. Mahasiswa Fakultas Teknik UM angkatan 2017 tersebut berharap prestasi UM di Liga Mahasiswa Badminton Nasional tahun depan bisa meningkat.
Selain kategori beregu putri, ajang Liga Mahasiswa Badminton Nasional yang diselenggarakan oleh PT Bina Mahasiswa Indonesia terdiri dari beberapa kategori lain, yakni beregu putra, tunggal putra, tunggal putri, dan ganda campuran. PT Bina Mahasiswa atau Liga Mahasiswa (LIMA) merupakan organisasi indepen yang bermaksud dan bertujuan untuk menciptakan wadah yang mampu menjadi tempat berkarya bagi para mahasiswa di bidang olahraga. Organisasi yang didirikan pada 15 Mei 2012 ini berdiri di atas tiga pilar utama, yaitu athleticsm, education, dan social responsibility. Athleticism adalah pilar pertama LIMA yang menggambarkan salah satu tujuan LIMA sebagai organisasi, yaitu memberi kontribusi sebaik-baiknya dalam bidang olahraga.Diah