Sabtu malam, (29/6) suasana di depan posko KKN Universitas Negeri Malang (UM) Desa Sidomulyo terlihat ramai. Warga desa yang berdatangan untuk menyaksikan pentas malam yang diselenggarakan oleh para mahasiswa KKN. Para warga yang hadir, di antaranya anak-anak, para remaja, serta ibu-ibu.

Pentas malam yang mengusung tema “Cerita Kami dari Desa” ini berlangsung lancar meski persiapannya hanya dilakukan dalam waktu lima hari. Pertama, pentas dibuka dengan persembahan lagu yang dinyanyikan secara bergantian oleh tiga orang mahasiswa. Mereka bertiga menyanyikan lagu diiringi oleh petikan gitar yang juga dimainkan oleh salah satu mahasiswa KKN. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan mengumumkan dan menyerahkan hadiah kepada para pemenang Lomba Semarak Sumberkreco yang telah diadakan pada pagi harinya. Puncak acara ditutup dengan penayangan kompilasi video kegiatan dari para mahasiswa KKN UM selama berada di Desa Sidomulyo.

Penayangan video kompilasi ini merupakan bentuk dokumentasi sekaligus kenang-kenangan perjalanan kegiatan KKN para mahasiswa di Desa Sidomulyo sejak hari pertama. Tangis haru sontak menghiasi raut-raut wajah para mahasiswa KKN saat menonton video tersebut. Mereka meresapi lika-liku perjuangan mengabdikan diri selama berada di Desa Sidomulyo. Bahkan, tak hanya para mahasiswa KKN yang merasakan haru, beberapa warga juga ikut terenyuh.

Pentas ini diselenggarakan sebagai simbolisasi mahasiswa KKN untuk berpamitan kepada para warga di Desa Sidomulyo. Terhitung sejak hari pertama, mereka tinggal dan mengabdi selama 1,5 bulan. Semoga pentas malam itu bisa menjadi kenang-kenangan yang indah untuk para mahasiswa KKN dan warga Desa Sidomulyo.

Pewarta: Yohana Besalia