Antusias luar biasa terlihat pada anak-anak Desa Mulyorejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang yang sejak pagi sudah berkumpul di Balai Desa Mulyorejo untuk mengikuti Festival Anak Nusantara yang digelar oleh Kelompok Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang (KKN UM), Sabtu (29/6). Festival ini diselenggarakan untuk mengembangkan minat dan bakat dengan mengusung jargon “Kreatif, Cerdas, dan Berakhlak”. Festival ini merupakan program kerja bidang pendidikan dan bidang keagamaan untuk memaksimalkan dan menumbuhkan potensi anak, serta mengembangkan jiwa sportif.

Festival Anak Nusantara di laksanakan di tiga tempat, yaitu di Balai Desa Mulyorejo untuk lomba mewarnai, SDN Mulyorejo 01 untuk lomba anak cerdas, dan Masjid Jami’Ar-Rahman untuk lomba juz ‘amma dan azan. Sebelumnya, panitia lomba melakukan sosialisasi berbagai lomba ke beberapa sekolah yang ada di desa tersebut serta sosialisasi melalui Instagram.”Anak saya tahu informasi lomba dari sekolah katanya ada lomba azan, akhirnya anak saya bangun pagi dan mandi padahal cuaca cukup dingin. Sangat bagus acara ini dan saya berharap semoga sukses untuk KKN,” ujar Suwati, salah satu orang tua.

Kegiatan tersebut dimulai dengan pembukaan, sambutan Wakil Koordinator Desa (Wakordes), Muhammad Deny Adhka dan dilanjutkan dengan perlombaan masing-masing. Setiap cabang lomba dipilih tiga pemenang yang berhak membawa pulang hadiah. Pada pelaksanaan Festival Anak Nusantara, anak- anak dan Mahasiswa UM terlihat saling mengakrabkan diri. “Terima kasih untuk teman-teman, Kepala Desa Mulyorejo dan karyawan, warga desa, serta semua yang terlibat dalam acara ini. Alhamdullilah, acaranya berjalan lancar dan diterima dengan baik. Terbukti, yang mendaftarkan diri kurang lebih 170 anak. Harapan ke depannya semoga kegiatan ini bermanfaat,” ujar Puguh Setiawan, Koordinator Desa KKN UM.

Pewarta: Sri Lestari