Sejumlah mahasiwa Universitas Negeri Malang (UM) Yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana (Himmpas) UM melakukan penggalangan dana untuk korban asap pembakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada acara Car Free Day kota Malang pada hari Minggu (15/09). Hasil donasi yang terkumpul dari Masyarakat Kota Malang sendiri berjumlah Rp. 1.290.500,00. Tidak berhenti disitu, aksi penggalangan dana ini dilanjutkan selama enam hari dengan penyebaran informasi via media sosial hingga terkumpul dana sejumlah Rp. 2.620.000,00. Jadi total dana yang terkumpul adalah Rp. 3.910.500,00. Dari total dana tersebut selanjutnya disalurkan ke lembaga sosial di Malang yaitu Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kota Malang.

Dias Setyawan selaku ketua Himmpas UM menuturkan bahwa tujuan kegiatan donasi ini adalah untuk membantu dan mengurangi dampak paparan dari bahaya asap yang mengancam saudara-saudara di Sumatera maupun di Kalimantan.
“Kami Himmpas UM mengucapkan banyak terimakasih kepada Masyarakat dan teman-teman yang masih peduli terhadap saudara kita yang terdampak asap di Sumatera dan Kalimantan. Semoga apa yang sudah diberikan mendapat balasan oleh Allah SWT, Aamiin”, pungkasnya.

Pewarta: Dewi Ayu Sakdiyyah