Hafizah Islami Rahmadina mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang (UM) berhasil membawa pulang juara 2 Kompetisi Bisnis Express Your Creative Business Idea-Competition (EYBI-C) Tingkat Nasional di kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Baranangsiang dan SKI Poetri Ballroom pada (10/11). Perlombaan yang diselenggarakan oleh IPB dan CV Bistani ini, memberi kesan yang berbeda untuk Hafizah karena menguji mental dan melatih critical thinking. “Pengalaman yang paling berkesan adalah ketika peserta secara mendadak diminta melakukan catwalk dan tanya jawab seputar bisnis di depan peserta seminar. Ada Bapak Sandiaga Uno dan Tasya Kamila, benar-benar menguji mental dan melatih critical thinking sekali,” ucap Hafizah saat diwawancarai kru Majalah Komunikasi.

Hafizah mengangkat buku cerita bahasa Inggris untuk anak usia prasekolah yang dilengkapi aplikasi audio dengan judul Lala & Lilo pada kompetisi EYBI-C. Ia melalui proses panjang untuk memenangkan kompetisi tersebut. “Tahap seleksi untuk masuk final ada 2 tahap yakni membuat ringkasan ide bisnis dan mengirimkan full paper. Proses untuk memenangkan perlombaan tersebut panjang. Banyak babak yang menguji mental banget mulai dari sudden pitching di hadapan investor sampai catwalk dan tanya jawab seputar ilmu bisnis secara global,” ujarnya.

Ia juga berpesan untuk generasi muda agar terus berkarya, berinovasi, dan berwirausaha sejak dini. Selain itu, harus dapat mengimplementasikan gagasannya bukan sekadar tulisan saja sehingga menjadi generasi yang membangun dan berguna bagi bangsa Indonesia. “Harapan saya semoga generasi muda terus berkarya, berinovasi, dan berwirausaha sejak dini,” tandasnya.

Pewarta: Waviq Azizah