Matematika mungkin menjadi momok tersendiri bagi kebanyakan pelajar di Indonesia, namun tidak untuk M. Bahauddin Alfan, mahasiswa Prodi Teknik Informatika ’16. Bersama Pramita Dewi Safitri (Desain Komunikasi Visual ’16), dibimbing oleh Harits Ar Rosyid, S.T., M.T., Ph.D. mereka menyulap pelajaran matematika menjadi video animasi yang lebih menyenangkan. Video dengan durasi lima menit ini menyabet juara 1 dalam Informatic Champion 2019 kategori Pengembangan Animasi. Di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Sabtu (16/11).

“Kami mengerjakan project ini mulai awal September selama 3 minggu,” ujar Bahauddin saat ditanya soal pengerjaan animasi bertajuk Inovasi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi ini. Tahapan lomba dimulai dari seleksi trailer secara online. Setelah terpilih, ia diundang untuk menghadiri grand final di Unesa. Mulai tahun 2017, Bahauddin tidak pernah absen untuk mengikuti Gemastik, yang diadakan oleh Kemenristekdikti, namun keberuntungan belum memihak padanya.

“Saya berharap dapat menggarap video serupa untuk ilmu-ilmu lain, seperti ilmu sosial kalau ada waktu senggang karena kita juga sudah semester tujuh,” ujarnya ketika ditanya mengenai harapan bagi dirinya. Bahauddin berharap UM bisa mewadahi para mahasiswa yang memiliki minat dalam membuat animasi karena ia rasa UM belum memiliki komunitas yang kuat untuk mewadahi para mahasiswa yang gemar membuat animasi. “Mungkin bisa dibuat UKM sendiri karena sayang banget kalau mereka tidak diwadahi,” tambahnya.

Pewarta: Ayu Saraswati