Kegiatan ujian akhir semester (UAS) di perguruan tinggi biasanya dilaksanakan di ruang kelas masing-masing. Kali ini ada yang berbeda dengan UAS yang diterapkan oleh Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Malang (UM), yakni menyelenggarakan UAS bersama di Gedung Graha Cakrawala UM. UAS tersebut dilaksanakan selama dua hari pada (9-10/12) dengan diikuti oleh 1183 peserta dari angkatan 2019. Pelaksanan UAS Bersama ini diikuti oleh mahasiswa FE pada mata kuliah umum khususnya sebagai dasar evaluasi untuk mata kuliah lainnya. Pada hari pertama, mereka mengerjakan soal mata kuliah akuntansi dan pengantar bisnis. Sementara pada hari kedua mereka disuguhi soal ekonomi mikro dan pengantar manajemen.
Selama ini, FE UM melalui Unit Penjaminan Mutu (UPM) fakultas selalu berupaya meningkatkan mutu lulusan, salah satunya adalah dengan melaksanakan UAS Bersama mahasiswa FE.

Dalam mendukung Kegiatan UAS Bersama, UPM FE telah membuat beberapa Standar Operational Procedure (SOP), dari mulai SOP pembuatan soal, pelaksanaan UAS, kepengawasan, hingga Penilaian dan kualitas mutu soal. Dengan demikian, diharapkan terjaganya standar kompetensi lulusan, isi pembelajaran, proses pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.
Pelaksanaan UAS Bersama ini merupakan salah satu Quality Control kegiatan belajar mengajar di FE sehingga dengan adanya kegiatan UAS Bersama ini, dosen dituntut memberikan materi yang sama untuk mata kuliah yang sama sehingga hasil belajar menjadi lebih terukur. Oleh karena ini UAS Bersama, diharapkan mampu mendukung upaya pembentukan lulusan yang berkualitas, berkarakter, dan berprestasi.
Ditemui di ruang ujian, Dr. Agus Hermawan, M.Si, Grad Dip MGT., M.Bus., Wakil Dekan 1 FE UM menuturkan bahwa menyambut baik UAS bersama ini. “Saya berharap UAS Bersama seperti ini bisa diterapkan di tiap semester, dengan memperhatikan beberapa evaluasi yang akan dilakukan setelah pelaksanaan ujian selesai,” tuturnya.

Pewarta: Dewi Ayu Sakdiyyah