Menjadi pengusaha di usia muda tampaknya menjadi harapan semua orang. Tak jarang, mereka yang benar-benar berambisi menjadi pengusaha muda rajin menghadiri seminar kewirausahaan atau sejenisnya. Berangkat dari fenomena itu, Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Universitas Negeri Malang (UM) baru-baru ini menggelar Seminar Nasional Gebyar Wirausaha 6 th yang bertema “Shifting to Be Better”. Menggandeng Sukses Berkah Community (SBC) yang merupakan komunitas pengusaha muslim, seminar diselenggarakan pada Kamis (30/1) di Gedung Graha Cakrawala UM. Membludak, peserta yang hadir berjumlah ribuan, baik dari kalangan mahasiswa maupun umum.

Acara tersebut berlangsung sejak pukul 08.00 hingga 21.00. Lima pemateri hebat dihadirkan dalam seminar tersebut. Mereka adalah Ridwan Abadi (CEO Sinergi Grup, red.), Ustaz Muhammad Jazir (Ketua Umum Takmir Masjid Jogokaryan, red.), Nugie Al-Afghani (CEO Kuping Production, red.), Harri Firmansyah (CEO High Performa Consulting, red.), dan Syafri Bahar (Vice President of Data ScienceGoJek, red.). Seminar tersebut dikemas menjadi lima sesi. Di sesi pagi peserta yang hadir sekitar seribu orang. Menjelang sore Gedung Graha Crakrawala semakin disesaki oleh ribuan peserta. Dimas Nugroho, ketua pelaksana mengatakan, membludaknya peserta dikarenakan kehadiran Syafri Bahar yang membawa semangat wirausaha kreatif yang luar biasa.

Ketika diwawancara Dimas menyampaikan bahwa dengan seminar bertujuan untuk menjembatani generasi muda yang ignin memulai usaha maupun mengembangkan usaha. “Jadi kita ingin mengajak generasi millennial pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan kualitas usaha di Indonesia. Target kita generasi muda dan kita butuh contoh dari pelaku UMKM yang sudah punya pengalaman,” ujarnya. Menurutnya, banyaknya usaha yang baru dirintis atau yang sudah dikembangkan oleh generasi millennial yang sangat kreatif dan dibantu oleh pelaku UMKM yang sudah berpengalaman akan menumbuhkan kultur wirausaha yang spektakuler. “Dengan menggandengan SBC, kita berharap tidak hanya mencetak generasi pengusaha yang banyak mendapatkan uang, tetapi juga mendapatkan berkah dalam usahanya,” pungkas Dimas.Berlian