Sekitar 194 Mahasiswa Bahasa Arab yang terafiliasi dari 45 kampus, hadir dalam Pelantikan dan Rapat Kerja Wilayah Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) IV ITHLA (Ittihadu Tholabah Lughotul Arobiyah). Peserta yang berasal dari jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Bahasa dan Sastra Arab, Tarjamah Arab, dan Dirasat Islamiyah berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Wilayah ITLHA ini. Program tahunan yang berlangsung pada (25-26/1) ini, adalah pelantikan pengurus DPW IV masa bakti 2020 sekaligus penyusunan program kerja selama satu tahun ke depan. Dengan mengusung tema “Eksistensi Bahasa Arab di era Modernisasi”, acara ini dilaksanakan di lingkungan IAIN Madura. Meski acara terlaksana pada hari Sabtu, antusias peserta yang berasal dari luar Madura sudah terlihat sejak hari Jumat (24/01). Banyak peserta sudah berada di lingkungan IAIN Madura yang berasal dari wilayah Jawa Timur, Bali, dan NTB.

Universitas Negeri Malang (UM) turut hadir dalam pertemuan tersebut. Sebanyak tujuh mahasiswa Jurusan Sastra Arab ikut andil dalam meramaikan acara ini. Lima di antaranya juga dilantik sebagai pengurus DPW IV. Mereka adalah Nadya Amri Fauzi dan Nila Shifa (Divisi Kaderisasi), Ahsan Thoriq dan Arya Wahyu Pratama (Divisi Mantiq), dan Khamilatul Zahro (Divisi Sosial Masyarakat). Pada hari pertama pertemuan, seluruh peserta berkumpul di Auditorium Center IAIN Madura untuk menghadiri apel pembukaan. Sebelum pelantikan, Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah, Zainun Hasan M. Ag. terlebih dahulu memberikan sambutan sekaligus membuka acara. Selain itu adapula sambutan dari perwakilan mahasiswa yakni Mahbubi, mahasiswa dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Wilayah (DPP) ITHLA. Dirinya mengaku sangat mengapresiasi kinerja DPW III selama beberapa tahun terakhir. “Dibandingkan DPW lainnya, DPW IV adalah DPW terbesar karena memiliki anggota paling banyak yaitu 45 kampus. Selain itu, DPW inilah yang memiliki program ITHLA Mengajar yaitu mengutus anggota ITHLA untuk mengajar di sebuah instansi,” terangnya.

Usai sambutan dan prosesi pelantikan, acara dilanjutkan dengan Seminar Bahasa Arab Nasional oleh Dr. Nasaruddin M. Ag. Rangkaian acara pelantikan pengurus juga dilanjut dengan adanya rapat kerja wilayah (Rakerwil) yang dilaksanakan usai istirahat sampai larut malam. Pada hari terakhir, acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba yang dilangsungkan selama Rakerwil dan diakhiri dengan rihlah. UM berhasil menyabet juara 2 lomba Khitobah atas nama Ahmad Fahmi Alwan. Harapannya semoga ke depan ITHLA tetap menjadi organisasi mahasiswa Persatuan bahasa Arab se-Indonesia yang selalu berdiri di garda terdepan dalam menyebarkan bahasa Arab di seluruh Indonesia bahkan dunia. Terlebih, ITHLA seperti yang disampaikan Nurul Hidayat, Ketua DPW IV Terpilih, bisa menjadi wadah kekeluargaan seluruh mahasiswa bahasa Arab di wilayah Jawa Timur, Bali, dan NTB.

Pewarta: Arya Wahyu Pratama