Bertepatan dengan Puncak Gebyar Dies Natalis ke- 65 dan Lustrum XII Universitas Negeri Malang (UM) Tahun 2019, (17/10) Jurusan Kimia mendapatkan penghargaan The Learning University Awards Bidang Kemahasiswaan Rumpun Sains dan Teknologi. Jurusan tersebut menang setelah mengalahkan pesaing beratnya dari 31 jurusan yang ada di UM. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Rektor UM, Prof. Dr. H. AH. Rofi’uddin, M.Pd. di Gedung Graha Cakrawala UM.

Seperti pernyataan yang dilontarkan Pembina HMJ Kimia, Ihsan Budi Rachman, S.Si. Msc., semua tak lepas dari peran Pembina HMJ Kimia dan Ketua Jurusan Kimia yang serius membimbing dan menggembleng mahasiswa untuk menyusun proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), penelitian, dan karya tulis lainnya. “Di dalam prestasi dari perlombaan dalam negeri maupun luar negeri, mahasiswa jurusan kami di samping mahasiswa senior juga tiap event-nya mengambil mahasiswa junior sebagai pembinaannya, agar prestasinya bisa berkelanjutan,” ujar Ihsan.

Dalam mempersiapkan event tersebut mereka mengambil cara alami dengan cara beberapa dosen mencangkokkan penelitiannya ke mahasiswa. “Kalau bibitnya tidak bisa melanjutkan, kami menghentikannya,” tambah Ihsan. Selain bergabung dengan penelitian yang dilakukan dosen, beberapa dosen yang mengampu mata kuliah mendorong mahasiswa untuk mengajukan proposal PKM dan karya tulis lainnya. Hal inilah yang menjadi nilai tambah bagi Jurusan Kimia.

Ihsan juga menegaskan bahwa sebenarnya di Jurusan Kimia tidak ada tim khusus untuk mempersiapkan event tersebut. Namun, di Jurusan Kimia ada dosen yang menjadi anggota Tim Penalaran UM. Dosen tersebut aktif mendampingi dan mengawasi mahasiswanya, khususnya dalam bidang PKM. Selain itu, pihak fakultas juga diberi warning dan timeline sebelum ada timeline dari UM. “Kita bisa mempersiapkan lebih awal, utamanya sekarang untuk perdanaan tahun depan meskipun panduan pedoman PKM belum keluar, tetapi fakultas dari awal sudah melakukan review,” tambah Ihsan. Jadi, sebelum proposal PKM didaftarkan ke tingkat universitas, pihak internal Jurusan Kimia sudah terlebih dahulu melakukan review dan balikan kepada mahasiswa. “Harapan saya dan rekan-rekan, semoga prestasi ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi. khususnya untuk kaderisasi,” harap Ihsan. Lebih lanjut, dia menuturkan bahwa selama ini ini hanya beberapa mahasiswa yang menjadi senter dalam perlombaan. Dengan diraihnya penghargaan The Learning University Award tersebut Ihsan berharap mahasiswa akan semakin termotivasi melakukan penelitian, semangat mengikuti perlombaan, sehingga peluang untuk mendapatkan kejuaraan semakin besar.Izam