Sebagai salah satu perguruan tiggi bergengsi di Kota Malang, mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) tidak habis menorehkan prestasi akademik maupun nonakademik. Salah satunya yakni Unit Kegiatan Mahasiswa Satuan Resimen Mahasiwa (UKM Menwa) yang berhasil menyabet semua kategori penghargaan pada kompetisi Jalaka Palagri IV 2019. Kompetisi ketangkasan perorangan bagi anggota resimen mahasiswa se-Indonesia ini berlangsung selama dua hari (13-14/07). Kompetisi ini merupakan agenda setiap dua tahun sekali yang diadakan oleh Universitas Jember (Unej) dan diikuti sebanyak 70 anggota satuan Menwa dari 26 perguruan tinggi di Indonesia.


Tangkai lomba yang menjadi rebutan dalam kompetisi ini meliputi ketangkasan khas militer di Sekolah Calon Bintara (Secaba) Rindam V Brawijaya. Macam-macamnya seperti navigasi darat, rayapan tali, jembatan tali, kesehatan lapangan, lempar pisau dan kapak, bongkar pasang senjata, serta lari lintas alam. Yang berbeda di tahun ini, Jalaka Palagri IV juga membuka tangkai lomba esai. Tema yang diambil adalah “Peran Menwa dalam Menciptakan Generasi yang Tangguh dan Berjiwa Pancasila dalam Mempersiapkan Pembangunan Nasiona di Era Revolusi Industri 4.0”. Hal ini tentunya menjadi kemajuan tersendiri dalam kompetisi satuan Menwa, karena tidak hanya mempertandingkan kemampuan fisik yang mutlak dimiliki anggota satuan, juga kecerdikan dalam berpikir.


Sejak tahun 2018 UKM Menwa UM sudah berpartisipasi pada kompetisi Jalaka Palagri dan mampu menyabet juara dua lomba lintas alam. Pada partisipasinya yang kedua kali dalam kompetisi ini, tim Menwa UM berhasil menyabet lima kategori juara yakni juara dua ketangkasan dan juara tiga lintas alam putri oleh Fina Nur Safitri, juara dua lomba lintas alam kategori putri dan juara tiga lomba esai oleh Dita Novita Sari, juara dua lintas alam kategori putra oleh Muhammad Linggar Eka Prasetya.
Beberapa perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta yang andil dalam kompetisi ini seperti Universitas Airlangga (Unair), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Merdeka Madiun, UIN Walisongo Semarang, Universitas Negeri Surabaya dan masih banyak lagi. Perolehan penghargaan sebagai juara tentunya bukan tanpa usaha. Anggota satuan Menwa UM yang menjadi delegasi sangat memaksimalkan latihan menjelang kompetisi. Menurut penuturan salah satu delegasi tim Jalaka Palagri Menwa UM, persiapan dilakukan sejak H-14 perlombaan. Latihan rutin dilakukan saat pagi atau sore hari dan dibimbing langsung oleh anggota satuan Menwa UM senior angkatan 71, Avi Kusuma Fatkur.


“Tidak ada kendala serius pada saat persiapan maupun berlangsungnya lomba,” tutur Fina Nur Safitri, salah satu anggota tim Jalaka Palagri Menwa UM. Perlombaan bergengsi yang mempertemukan satuan Menwa se-Indonesia ini menjadi ajang pertemuan sekaligus silaturahmi dan berbagi pengalaman antara senior maupun junior. Fina Nur Safitri berharap selanjutnya Satmenwa 085 Universitas Negeri Malang juga dapat mengadakan acara yang serupa. Tim Jalaka Palagri juga merasa sangat bangga dapat membawa nama UM ke tingkat Nasional melaui Satuan Resimen Mahasiswa.Nikma