Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Karate Inkai Universitas Negeri Malang (UM) kembali menyabet juara umum dalam Kejuaraan Seleksi Daerah (Selekda) Jawa Timur cabang olahraga karate tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya di bawah pengawasan Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi). Lomba karate yang berlangsung selama lima hari (24-29/06) ini bertempat di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya. Sebanyak 17 universitas yang ada di Jawa Timur berpartisipasi di dalamnya antar lain UM, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, Universitas Negeri Jember, Universitas Tribhuwana Tunggadewi, UPN Veteran Surabaya, Universitas Arlangga, Universitas Muhammadiyah Malang, Politeknik Jember, Universitas Hang Tuah Surabaya, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala Jember, Politeknik Negeri Malang, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Universitas 17 Agustus Surabaya, Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, dan Universitas Brawijaya yang menjadi tuan rumah. UKM Karate Inkai UM mengirimkan perwakilan sebanyak 21 atlet yang terdiri dari 11 atrlet putra dan 10 atlet putri untuk berlaga dalam kejuaraan tersebut.


Dalam mempersiapkan kejuaraan di tingkat daerah ini membutuhkan kerja keras yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan latihan secara rutin sejak awal bulan mei sampai mendekati pertandingan. ”Persiapan dalam menghadapi pertandingan Selekda ini tidak instan, namun kami menyiapkan ini semua jauh hari. Meskipun bulan Mei adalah bulan puasa Ramadan namun kami tetap semangat untuk latihan agar mendapat hasil yang maksimal,” tutur Handika Mulya Nurdestama, Ketua Umum UKM Inkai. Kelas pertandingan yang diikuti oleh atlet putra yakni kumite -55kg, kumite -61kg, kumite -81kg, kumite +84kg, kumite perorangan, dan kata perorangan. Sedangkan pertandingan yang diikuti oleh altet putri yakni kumite -50kg, kumite -55kg, kumite -61kg, kumite -84kg, kumite +84kg, kumite beregu, dan kata perorangan.


UKM Inkai UM berhasil meraih satu medali emas yang dan satu medali perunggu kategori kata perorangan putri. Selain itu pada pertandingan kumite perorangan dari kelas paling ringan yakni kumite -50kg putri dan kumite -55kg putra sampai kelas paling berat yakni kumite +84kg secara berurutan berhasil memperoleh empat medali emas, dua medali perak, dan dua medali perunggu. Untuk kategori beregu putri meraih satu medali emas dan beregu putra meraih dua medali perunggu. Dengan memborong beberapa medali kejuaraan, UKM Inkai UM dinyatakan sebagai juara umum dengan total perolehan medali sebanyak enam medali emas, tiga medali perak, dan delapan medali perunggu. Prestasi yang membanggakan ini juga pernah pernah diraih UKM Inkai pada tahun 2017 yang juga berhasil meraih juara umum dalam Kejuaraan Pekan Olahraga Mahasiswa (Pomda) Jawa Timur cabang olahraga karate. “Saya sangat bersyukur atas kejuaraan yang telah kami dapat, semoga tahun-tahun selanjutnya dapat mempertahankan juara umum dan pastinya tetap giat berlatih,” Harap Nurina Dyatika, peraih medali emas. Dessy