Peringati Hari Bahasa Mandarin Kedelapan Mengusung tema “Satu Dunia Satu Keluarga”, Pusat Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan kembali lomba pidato dan unjuk bakat pada Sabtu, (7/3) di Aula Fakultas Sastra UM. Dua lomba ini diselenggarakan untuk memperingati hari Bahasa Mandarin yang kedelapan. Durasi Lomba Pidato Bahasa Mandarin kurang lebih 90 detik untuk setiap penampilan, sedangkan lomba unjuk bakat salah satunya menulis tulisan cina atau hanze dengan menggunakan tinta asli dari sana.

Acara pagi itu dibuka dengan penampilan tari Molihua yang dibawakan oleh mahasiswi prodi Bahasa Mandarin. Evi Eliyana, S.S.,M.A., Ph.D., Direktur Hubungan Internasional UM dalam sambutannya mengatakan, peringatan Hari Bahasa Mandarin kedelapan ini bertujuan untuk mempromosikan kebudayaan Tiongkok dan sebagai jembatan persahabatan. Dia juga menjelaskan, tema “Satu Dunia Satu Keluarga” merupakan tema paten tiap tahunnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilangsungkan seleksi peserta untuk mengikuti lomba pidato bahasa Mandarin yang dipadukan dengan keterampilan di tingkat Jawa Timur. “Anak yang dapat mengikuti seleksi lomba ke Jatim hanya mahasiswa program studi (prodi) Pendidikan Bahasa Mandarin,” ujar Nadya Nafisah selaku ketua pelaksana. Nantinya, akan dipilih delapan peserta terbaik yang diseleksi langsung oleh dosen-dosen dari Tiongkok. Lebih lanjut, lomba ini tidak dipungut biaya. Bahkan selain mendapat uang tunai dan sertifikat, peserta bisa meminjam kostum untuk lomba unjuk bakat secara gratis bagi mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, tetapi untuk mahasiswa nonprodi tersebut dikenai biaya sewa sebesar Rp20.000,00. Tahun ini jumlah peserta yang mengikuti kedua lomba sebanyak 40 peserta, 12 peserta dari Lomba Pidato Bahasa Mandarin dan sisanya lomba unjuk bakat. Jika tahun lalu lomba ini dikhususkan bagi mahasiswa prodi Bahasa Mandarin, tahun ini mahasiswa nonprodi bisa mengikuti kedua lomba ini secara gratis.

Di akhir acara panitia mengumumkan pemenang masing-masing lomba. Tiap lomba diambil lima kategori juara, yaitu juara 1, 2, 3, harapan, dan potensial. Di samping itu, semua peserta juga memperoleh penghargaan dari penyelenggara. “Pusat Bahasa Mandarin selalu bisa mengapresiasi semua peserta,” ujar Nadya. Juri yang menilai kedua lomba ini berasal dari beberapa universitas yang tergabung di Pusat Bahasa Mandarin, di antaranya staf Pusat Bahasa Mandarin UM, Universitas Brawijaya, dan Universitas Ma Chung. “Harapannya, semoga tahun depat pesertanya meningkat, kemampuan berbahasa Mandarin meningkat, dan semangat peserta juga terus meningkat, karena dengan mengikuti lomba bahasa Mandarin, penghargaan lomba bisa dijadikan bekal saat melamar pekerjaan setelah lulus,” pungkas Nadya.

Nurul