Selasa (30/06), Tim Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang (KKN UM) yang ditempatkan di Desa Gadingkulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang melakukan penyerahan dua CD yang berisi media pembelajaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada Bapak Kuswanto, Kepala Sekolah SDN Gadingkulon 01. Silvy Ayu Kumalasari, koordinator progam kerja PHBS di sekolah menuturkan bahwa latar belakang dicetuskannya progam kerja ini adalah melihat keresahan masyarakat dalam menghadapi situasi dan kondisi pandemi Covid-19, maka langkah awal yang dapat dilakukan adalah pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat dengan cara mengedukasi masyarakat sekolah.

“Dari lingkungan sekolah sudah terbentuk, pastikan akan menyebar ke lingkungan sekitar sekolah tersebut. Diharapkan dimulai dari yang kecil dulu, lingkungan sekolah dulu, nanti lama-lama bisa ke lingkungan masyarakatnya,” tambah Silvy. Masing-masing CD berisi dua video edukasi animasi dan dua pembelajaran interaktif berbentuk PowerPoint (ppt) mengenai PHBS untuk anak-anak. “Melalui video edukasi animasi agar siswa tertarik dan lebih ingat pembelajaran interaktif bertujuan untuk mengatasi pembelajaran online yang dilakukan sekarang, jadi anak-anak dapat belajar online sekaligus PHBS,” lanjutnya.

Selain menyerahkan CD media pembelajaran ke sekolah dasar, Tim KKN UM Desa Gadingkulon pada Senin (29/06) juga telah menyumbangkan enam wastafel dan dua poster mengenai New Normal dan PHBS ke dua taman kanak-kanak, yakni TK Bustanul Athfal dan TK Dharma Wanita Persatuan Gadingkulon. Tim KKN UM Desa Gadingkulon berharap melalui progam kerja tersebut, masyarakat sekolah dapat benar-benar menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari serta berpengaruh positif ke lingkungan keluarga hingga masyarakat luas sehingga dapat memutus rantai penyebaran virus corona.

Kontributor: Zanuar Rivaldi, Mahasiswa Jurusan Sejarah

Editor: Bunga | Admin: Maria