Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang (UM) menyerahkan buku pedoman pembuatan kompos kepada perangkat Desa Kendalrejo, Kabupaten Trenggalek pada Senin (29/6). Adanya keluhan dan permasalahan warga Desa Kendalrejo terkait kotoran sapi, kelompok KKN UM Desa Kendalrejo berinisiatif menyusun buku pedoman pembuatan kompos yang di bawahi langsung oleh tim proyek inovasi desa. Namun, karena hal ini terkendala situasi pandemi Covid-19 yang mengakibatkan tim proyek inovasi desa tidak dapat terjun langsung di lapangan guna memberikan arahan proses pengolahan kotoran sapi tersebut, tim KKN UM Desa Kendalrejo akhirnya meluncurkan buku pedoman kompos.

“Diharapkan melalui buku pedoman pembuatan kompos ini, warga dapat memahami proses pembuatan kompos dari kotoran sapi yang saat ini masih belum mendapat perhatian warga untuk memanfaatkannya,” tutur Pak Subero. Proses penyusunan buku pedoman pembuatan kompos ini sangat didukung oleh pihak Desa Kendalrejo, dibuktikan dengan sambutan hangat atas kehadiran tim proyek inovasi desa ke kantor balai desa guna berkonsultasi dengan perangkat desa. “Meskipun kami tim proyek inovasi desa belum bisa melakukan praktik langsung di lapangan, pihak perangkat desa membantu kami terkait data dan informasi yang dibutuhkan,” ujar salah satu tim proyek inovasi desa.

Penyerahan buku pedoman kompos ini langsung diserahterimakan oleh ketua proyek inovasi desa beserta tim kepada kepala desa bertempat di Balai Desa Kendalrejo, Durenan, Trenggalek. “Diharapkan buku pedoman kompos ini dapat dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin agar warga Desa Kendalrejo dapat mempraktikannya langsung,” ujar koordinator desa.

Kontributor: Narinda Wahyu Marthasiwi, Mahasiswa Pendidikan IPA

Editor: Bunga | Admin: Maria