Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang diselenggarakan oleh Jurusan Sastra Indonesia (JSI) Universitas Negeri Malang (UM) 2020 bertujuan untuk mengembangkan jiwa pengabdian dan kepemimpinan mahasiswa serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengalaman belajar. KKN Tematik berbeda dengan KKN Reguler UM. KKN Tematik ini hanya membuat produk, lalu produk tersebut diberikan kepada kelompok masyarakat, berdasarkan usia, kelembagaan desa, kelompok keorganisasian masyarakat, dan tokoh masyarakat secara umum. Kelompok 11 KKN Tematik JSI ini menargetkan buku bacaannya kepada siswa Sekolah Dasar (SD) dengan mengusung tema Pendidikan Karakter (29/5-7/7).

KKN Tematik kali ini memang sangat istimewa, pasalnya mahasiswa diberikan pengalaman sesuai dengan bidangnya. Tidak heran bila banyak produk yang dihasilkan kelompok KKN Tematik JSI UM berupa produk buku. Produk inilah yang akan diberikan pada sasaran KKN sebagai bentuk pengabdian mahasiswa. Contohnya Kelompok PBSID 11 yang menghasilkan beberapa buku untuk diberikan pada SD Islam Mohammad Hatta. Kelompok PBSID 11 akan menyumbangkan 5 buku kumpulan cerpen yang menarik dan syarat akan pendidikan karakter, yakni tolong-menolong, kejujuran, kerja keras dan pantang menyerah, rela berkorban, dan toleransi.

Alasan Kelompok 11 KKN JSI mengusung tema pendidikan karakter adalah membentuk jiwa berakhlak dan bermoral sejak dini demi menuju arah kehidupan yang lebih baik. Kelompok 11 KKN JSI membuat lima produk buku bacaan yang bertemakan Pendidikan Karakter untuk siswa Sekolah Dasar. “Alasan kelompok kami mengusung tema ini karena ingin membangkitkan kembali minat baca siswa SD dan menanamkan pendidikan karakter yang menarik melalui buku bacaan berupa cerpen,” ujar Ketua Kelompok 11 KKN JSI. Kelima produk buku bacaan tersebut berisikan kumpulan-kumpulan cerita pendek (cerpen) dan di dalam cerita pendek itu terdapat amanat Pendidikan Karakter yang dapat dipetik siswa Sekolah Dasar. “Harapan kami melalui buku ini dapat membangun pribadi siswa yang berkarakter dan setelah membaca buku ini siswa dapat menerapkannya di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat,” pungkasnya.

Kontributor: Mukhammad Erdin Yudhatama, Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia

Editor: Bunga | Admin: Maria