Pencegahan adalah cara terbaik dalam menghadapi penyebaran Covid-19. Berbagai upaya pencegahan dilakukan, salah satunya menjaga kebersihan diri agar terhindar dari penularan Covid-19. Selain itu, Covid-19 juga dapat dicegah dengan melakukan pola hidup sehat seperti terus berolahraga untuk tetap menjaga kekebalan tubuh. Terkait hal tersebut, Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Edisi Covid-19 Universitas Negeri Malang (UM) Desa Panggungrejo membuat program kerja video senam dan video edukasi tentang Covid-19, Jumat (19/6).

“Proker (program kerja, red.) video kan¬†ada dua, video senam sama video edukasi tentang Covid. Tujuannya mengajak masyarakat Desa Panggungrejo agar menjaga kebugaran tubuh. Untuk video senam dilakukan oleh anggota kelompok KKN Desa Panggungrejo, di mana gerakannya dibagi setiap individu. Lalu untuk video edukasi Covid-19 itu berisi gambaran umum tentang Covid-19, gimana¬†penularannya, cara pencegahan, tata cara cuci tangan yang benar dan bagaimana peningkatan imunnya seperti itu,” jelas Afita Dwiyantika, Mahasiswa Program Studi Kimia.

Dalam menjalankan program kerja, tim video edukasi dan senam sempat kesulitan saat mencari referensi gerakan senam yang cocok dan mudah diikuti. Setelah referensi gerakan senam terpilih, langkah selanjutnya adalah membagi gerakan kepada setiap anggota kelompok untuk dibuat video dan digabungkan oleh Tim Publikasi, Dekorasi, dan Dokumentasi. Video edukasi dan senam nantinya akan didistribusikan dengan membagikan tautan melalui grup WhatsApp lembaga masyarakat seperti karang taruna dan kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). “Semoga kita dapat mengajak masyarakat Panggungrejo untuk lebih menjaga kebugaran tubuh dengan senam dan mematuhi protokol pemerintah untuk menjaga kebersihan,” harap Adz Dzaria Nisa Solecha, penanggung jawab program kerja.

Kontributor : Rika Ainia, Mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan dan Nur Oktaviana, Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan

Editor: Bunga | Admin: Maria