oleh Hendra Susanto

Seluruh pembaca setia komunikasi UM di mana pun berada. Dalam edisi kali ini komunikasi sedikit banyak akan memberikan paparan terkait capaian prestasi Bidang Kemahasiswaan Universitas Negeri Malang (UM) Tahun 2020. Sejalan dengan bertambahnya usia UM yang memasuki usianya yang ke-66, selayaknya UM harus terus berbenah dan memupuk motivasi dirinya untuk makin berprestasi sebagai menjadi salah satu universitas rujukan dan unggulan di tanah air. Sesuai dengan tema Dies Natalis UM ke-66 Tahun 2020, mengusung semboyan “Maju Berprestasi, Lejitkan Prestasi”, alhamdulillah UM ditetapkan sebagai salah satu Universitas terbaik dalam Klaster Utama 15 Perguruan Tinggi terbaik di tanah air. Keberkahan ini juga disusul dengan perubahan prestasi bidang kemahasiswaan UM yang sebelumnya di peringkat 12 pada tahun 2018, peringkat 19 di tahun 2019, akhirnya UM menasbihkan dirinya menjadi top 10 dengan menduduki peringkat 7 nasional bidang kemahasiswaan tahun 2020. Hal ini sungguh pencapaian yang luar biasa. Wujud kerja keras seluruh elemen di UM terus berkarya, berinovasi, dan mengabdi untuk kemajuan bangsa, serta tidak melupakan tradisi para pendahulunya.

Saat ini di tengah-tengah sulitnya kondisi ekonomi dan sosial di masyarakat akibat pabdemi Covid-19, UM terus berupaya melakukan upaya untuk lebih mengenalkan lembaga ini kepada khalayak melalui branding ikon-ikon khas UM dan prestasi bidang kemahasiswaan khususnya. UM menyadari bahwa capaian prestasi bidang kemahasiswaan ini tidak terlepas dari peran aktif mahasiswa UM yang membanggakan, tim pengembangan kemahasiswaan UM yang terdiri dari tim pengembang penalaran, tim pengembang kerohanian (MTQ), tim pengembang kewirausahaan, tim pengembang olah raga, tim pengembang seni budaya, dan disusul si bungsu tim pengembang Techno UM. Prestasi ini juga ditopang oleh kerja keras seluruh elemen dosen pendamping/pembina dan para tenaga kependidikan bidang kemahasiswaan di tingkat Universitas dan delapan fakultas yang ada di UM. Kesuksesan ini juga bersinergi dengan adanya usaha yang sangat keras dari tim Simkatmawa UM dan pusat pemeringkatan UM yang tak hentihentinya terus bekerja secara profesional untuk Lembaga.

Akhirnya, semoga pencapaian UM ini akan terus memacu seluruh civitas UM untuk memiliki spirit baru menatap masa depan dengan penuh percaya diri bahwa UM mampu untuk bersaing dalam kancah nasional, dan diharapkan makin kompetitif, baik di dalam dan luar negeri. Spirit milenial dengan tetap menjaga tradisi para pendahulu tetap menjadi pemicu optimisme ke depan bahwa UM dapat menjadi ikon bidang kemahasiswaan secara nasional. Besar harapan semoga momentum keberhasilan bidang kemahasiswaan tahun ini menjadi tonggak sejarah kebangkitan UM menggapai kejayaan di masa lalu melalui wajah barunya dan maskot kebanggaannya, “Cakrawala”.

Salam Cakrawala! UM akan terus menjaga tradisi, akan selalu berinovasi untuk melejitkan prestasinya di masa yang akan datang. UM the Excellent in Learning Innovation. Jayalah UM, jayalah bangsaku!

Salam komunikasi, Penulis adalah staf ahli wakil rektor III UM