Kuliah Kerja Nyata atau sering disebut dengan KKN merupakan suatu kegiatan mahasiswa dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. Kegiatan KKN sendiri bertujuan untuk membantu dan memberikan dampak positif bagi masyarakat atau lingkungan sekitar. Kegiatan KKN Sinambung Universitas Negeri Malang ini dimulai pada tanggal 18 September sampai 27 Desember 2020 dengan sistem kegiatan di akhir pekan yaitu hari Jum’at, Sabtu dan Minggu. Diikuti 15 mahasiswa KKN Sinambung Universitas Negeri Malang dan dibimbing oleh Dr. Azizatus Zahro’, S.Pd, M.Pd. Dulunya mahasiswa dituntut harus sering melakukan kegiatan dilapangan, karena adanya wabah Covid-19 mahasiswa harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan yang telah diberlakukan pemerintah. Seperti 3M (mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker).
Wabah atau pandemi Covid-19 mengakibatkan perekonomian masyarakat di Indonesia mengalami penurunan, khususnya dibidang UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Hal tersebut terjadi karena adanya kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 dengan cara Physical Distancing, sehingga mengakibatkan proses jual-beli antara penjual dan pembeli secara langsung mengalami kesulitan. Keterangan tersebut juga terjadi pada salah satu UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di Desa Pagersari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, yaitu pada usaha jajanan kripik.
Kegiatan KKN ini dilakukan agar daya jual produk jajanan yang ada di desa Pagersari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang tetap stabil atau bahkan bisa mengalami peningkatan. Progam ini bertujuan untuk memasarkan produk kripik desa dengan cara membuatkan akun media sosial guna untuk menjual produk kripik tersebut secara online.

Langkah awal dari progam ini yaitu mencari informasi produk apa saja yang ada di desa Pagersari dengan cara bertanya langsung kepada ibu lurah yang juga selaku ketua PKK UKM desa. Ketika produk sudah didapatkan baru akan kita pasarkan melalui akun ig: @jajananpagersari yang dibuat oleh mahasiwa KKN Sinambung UM 2020. Pembuatan akun media sosial tersebut juga menjadi salah satu pengenalan mahasiswa kepada masyarakat agar dapat juga memanfaat teknologi yang ada saat ini dengan baik dan benar. Akun tersebut akan diserahkan kepada ketua PKK UKM di Desa Pagersari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang ketika mahasiswa sudah selesai melaksanakan kegiatan KKN, agar dapat terus dikembangkan lebih lanjut ke depannya.
Melalui diadakannya KKN Sinambung UM 2020 kali ini berdampak positif kepada pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di Desa Pagersari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Hal tersebut dapat dilihat dari bertambahnya kemampuan pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di Desa Pagersari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang dalam hal memasarkan produknya secara online. Dan dapat berpotensi meluaskan pemasaran yang dapat dibeli secara online serta memiliki waktu yang lebih fleksibel. Sehingga akan membantu UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di Desa Pagersari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang dalam meningkatkan hasil jual di era New Normal seperti ini.

Pewarta : Agustin Rahayu Intan Berlianti