Skripsi dan tugas akhir merupakan karya akademik akhir studi jenjang mahasiswa sarjana maupun diploma. Dalam hal ini skripsi/tugas akhir mutlak menjadi prasyarat dalam kelulusan seorang mahasiswa dalam menempuh kuliahya. Dalam perkembangnya mata kuliah dalam penulisan tugas akhir atau skripsi memuat 6 Satuan Kredit Mahasiswa (SKS) khususnya bagi Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM). Perjuangan akhir yang dilakukn oleh setiap mahasiswa mencoba melakukan yang terbaik sebagai langkah yang ingin diraihnya dalam kelulusan nantinya. Meskipun di tengah pandemi yang saat ini melanda menjadikan tantangan dalam proses pengerjaan skripsi/tugas akhir. Mahasiswa akan tetap berkoordinasi bersama dosen pembimbing dalam proses pengerjaannya hingga selesai dan bisa melanjutkan ke siding kelulusan. Ada yang berbeda kali ini khususnya dalam memberikan akses kemudahan bagi mahasiwa dalam proses pengerjaan skripsi/tugas akhir. Hal tersebut terjadi di Universitas Negeri Malang dalam format baru skripsi/tugas akhir. Berdasarkan pada Pedoman Pendidikan UM Edisi 2020 (Peraturan Rektor UM No.24 tahun 2020) dan Perubahnnya (Peraturan Rektor UM No. 9 tahun 2021) menyampaikan petunjuk teknis penyelesaian dan pelaksanaan ujian TA/Skripsi.

Dalam hal ini, perubahan Tugas Akhir/Skripsi dengan format baru ini bertujuan dalam meningkatkan jumlah publikasi di UM. Benar sekali, jika disebutkan bahwa artikel ini pastinya tidak jauh dari yang namanya publikasi di dalam jurnal. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwasanya, sebelumnya hasil proposal skripsi/tugas akhir hanya diserahkan melalui perpustakaan/restorasi UM, tanpa adanya publikasi secara online yang dapat diakses oleh masyarakat umum. Oleh karena itu, melalui format baru yang berupa artikel ini dapat meningkatkan derajat hasil riset mahasiswa dari yang unpublish mejadi publish nantinya. Sebagian mahasiswa mendukung akan hal tersebut meskipun masih banyak yang belum memahami terkait dengan format baru yang ditawarkan. Perbedaan dalam forma baru ini sebenarnya tetap sama terkait dengan proposalnya, hanya saja bentuk laporan yang dulu dapat beratus-ratus halaman sekarang hanya cukup 15-20 halaman saja. Dalam proposal juga memuat seperti sampul, penegsahan, pernyataan keaslian, kata pengantar, daftar isi, judul artikel, abstrak, kata kunci, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, simpulan dan saran, daftar rujukan dan lampiran pendukung lainnya. Masih sama seperti yang sudah ada sebelumnya, hanya wujud laporan hasil penelitian TA/Skripsi yang lebih difokuskan pada artikel yang disiapkan untuk publikasi di jurnal (nasional, nasional terakreditasi Sinta, Internasional dan internasional bereputasi).

Perubahan pedoman ini memberikan semangat bagi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir/skripsinya. Perubahan ini menjadikan karya penelitian mahasiswa dapat dibaca oleh banyak pembaca tidak hanya lingkup internal universitas saja. Hal tersebut menjadikan motivasi dan semangat yang sungguh-sungguh dalam melakukan risetnya dan melaporkan hasil laporannya. Harapan yang diingkan bahwasanya dalam hal ini seluruh komponen dalam dunia pendidikan dapat mendukung dengan baik atas terselenggaranya program ini, khususnya dalam wadah jurnal publikasi yang dapat menampung hasil penelitian mahasiswa dan mempermudah dalam proses pengerjaan skripsi/tugas akhir ini.

Reporter : Niken Puspitasari