Perubahan status Universitas Negeri Malang (UM) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) telah berhasil membawa perubahan besar bagi UM dari segi pembangunan dan pengelolaan kampus. Berbagai gedung lama yang dibiarkan kosong berhasil dipugar dan dibangun kembali, salah satunya Gedung Bistrovia yang berfungsi sebagai Teaching Restaurant (6/1).

Inovasi Teaching Restaurant berdampak positif terhadap pertumbuhan income strategy bagi UM ke depannya. Pembangunan yang diperkirakan rampung pada Juni 2022 tersebut sekaligus menunjukkan wajah baru UM. Hadirnya cafe and eatery disambut antusias oleh mahasiswa yg berharap pembangunan gedung ini segera rampung karena mereka tidak perlu pergi keluar dari lingkungan UM untuk mendapatkan working space guna mengerjakan tugas dan bersua dengan teman mahasiswa lainnya.

Afwan Hariri Agus Prohimi, S.E., M.Si, perwakilan dari Pusat Bisnis UM menyatakan bahwa pengelolaan Teaching Restaurant akan diserahkan kepada pihak profesional agar kualitas pelayanan dan pengelolaan gedung tetap terjaga. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan juga menerima kehadiran mahasiswa magang kerja dari UM.

“Dalam pelaksanaannya, Teaching Restaurant akan dikelola oleh tenaga profesional dengan tetap mempertahankan konsep pendidikan, yakni menerima mahasiswa magang jika diperlukan.” Ujarnya.

Gedung Bistrovia yang menghadirkan Teaching Restaurant tampil sangat kekinian dengan ornamen bernuansa modern. Fasilitas yang ditawarkan juga sangat menarik, salah satunya adalah live music. Fasilitas ini ditujukan untuk pasar umum, tidak hanya warga UM namun juga masyarakat luas.

Di akhir sesi wawancara, Afwan menyampaikan harapannya agar UM dapat mengelola berbagai aset yang dimiliki dengan baik, salah satunya Teaching Restaurant sebagai bagian dari Gedung Bistrovia, demi kemajuan dan kemandirian UM yang akan terus digaungkan.

Reporter: Berlian