Unit Kegiatan Mahasiswa Badminton Universitas Negeri Malang (UKM Badminton UM) untuk pertama kalinya menggelar UM Cup Open Nasional 2021. Pertandingan khusus bagi mahasiswa ini dilaksanakan pada Hari Sabtu hingga Kamis (18–23/12/2021) di Unggul Sports Center Malang.

UM Cup Open Nasional 2021 bertujuan mengenalkan keberadaan UKM Badminton UM sekaligus menjalin kerjasama antar UKM serupa dari berbagai Perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan ini juga merupakan realisasi program kerja UKM Badminton UM.

Ahmad, Ketua Pelaksana UM Cup Open Nasional 2021 menjelaskan bahwa pada mulanya pertandingan ini hanya diselenggarakan di tingkat Malang Raya, namun kemudian berkembang menjadi event nasional sesuai saran pendamping UKM Badminton UM.
Kategori yang dilombakan yaitu Tunggal Putra, Tunggal Putri, Ganda Putra, Ganda Putri, Ganda Campuran, dan Beregu Campuran. Sebanyak 186 mahasiswa dari 20 perguruan tinggi di Indonesia berpartisipasi sebagai peserta.

“Saya bersyukur dan berterima kasih kepada para peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan penuh antusias dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kami sangat mengapresiasi kedisiplinan peserta mematuhi kebijakan panitia yang mengharuskan peserta meninggalkan lapangan pertandingan setelah selesai bermain,” Tutur Ahmad ketika diwawancarai oleh Reporter Komunikasi pada Jumat (31/12/2021).

Kegiatan UM Cup Open Nasional 2021 resmi ditutup pada Kamis (23/12/2021) dan menghasilkan sederet juara yang dibagi menjadi enam kategori berbeda, yakni kategori Tunggal Putra yang dijuarai oleh Mega Ciputra asal Universitas Negeri Malang, kategori Tunggal Putri yang dijuarai oleh Debora Punky Cahyadewi asal Universitas Semarang, kategori Ganda Putra yang dijuarai oleh Lutfi Afriand dan Naufal Igo asal STKIP Pasundan Cimahi, kategori Ganda Putri yang dijuarai oleh Raihan Vania dan Salsabila asal STKIP Pasundan Cimahi, kategori Ganda Campuran yang dijuarai oleh M. Irsyadulibad dan Elok Machsunnah asal IKIP Budi Utomo, dan kategori Beregu Campuran yang dijuarai oleh STKIP Pasundan Cimahi.

“Semoga UM Cup Season 2 dapat terlaksana kembali dan semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat mendukung jalinan kerja sama antar UKM Badminton dari berbagai universitas di Indonesia.” Tutup Ahmad.

Reporter: Erlina