Biusiklus merupakan salah satu program kerja Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sanggar Minat Universitas Negeri Malang (UM) sekaligus pameran art toys pertama yang diselenggarakan di Kota Malang. Biusiklus berlangsung selama tiga hari dan berfokus pada seni, desain, serta kerajinan.

Pameran Biusiklus terdiri atas dua kata, yakni “bius” dan “siklus” yang berarti membius suatu siklus (peradaban antargenerasi tua maupun muda). Pameran ini mengusung tema Intoleransi Antargenerasi yang berkolaborasi dengan Timeo.id sebagai fasilitator tempat penyelenggaraan di TIMEO Convention Hall yang berlokasi di Kecamatan Dau, Malang. Selaras dengan itu, Psychedelic Studio juga memberikan materi tentang cara membuat art toys hingga proses pendistribusian art toys kepada seniman dan teman-teman dari UKM Sanggar Minat untuk dipamerkan pada Biusiklus 2022.

“Melalui art toys, tokoh Foo digambarkan sebagai seekor kura-kura yang diharapkan mampu merepresentasikan kondisi antargenerasi, ditinjau dari siklus hidup kura-kura yang begitu panjang,“ Ungkap Vanessa Septi Dwi Anggraeni, Ketua Pameran Biusiklus 2022.

“Dalam acara Biusiklus, partisipan dapat meng- custom tokoh Foo sesuai keinginan. Partisipan tersebut berasal dari seniman, komunitas seni, dan masyarakat umum.” Tambah Nidaul Izzah Kamila, Wakil Ketua Biusikus 2022.

Pembukaan pameran art toys Biusiklus pada hari pertama dimulai dengan acara opening toys exhibition, performance art, dan music acoustic. Acara semakin meriah dengan hadirnya performance art dari Kak Tomi selaku anggota Komunitas Seni, Universitas Merdeka Malang (Unmer) yang berkolaborasi dengan Kak Memet selaku mahasiswa Jurusan Seni dan Desain (Sedesa), UM. Tak lupa, music acoustic juga ditampilkan oleh salah satu penyanyi terkenal di Kota Malang, yakni Kak Daisy.

Pada hari kedua, acara dimulai dengan bincang seni atau ngobrol santai sesama seniman bersama Kak Rino, selaku pemateri dari Psychedelic Studio dan Kak Eeng dari Engon Studio. Bincang seni tersebut mengulas berbagai topik seputar sejarah, cara membuat hingga cara memasarkan art toys sebagai media yang digunakan pada Pameran Biusiklus 2022.

Pada hari terakhir, acara ditutup dengan penampilan sketch jamming dan music accoustic. Sketch jamming mengajak seluruh pengunjung dan panita untuk menggambar karakter tokoh Foo bersama-sama, sesuai imajinasi masing-masing. Tak hanya itu, keseruan juga muncul karena berbagai postingan pengunjung yang berisi momen di Pameran Biusiklus 2022. Postingan akan dipilih secara acak oleh panitia dan bagi mereka yang beruntung akan diberikan doorprize menarik.

Reporter: Naufal